BAB II
KOMUNIKASI
2.1. Komunikasi Data
Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan
piranti-piranti
yang
lain dalam bentuk digital
yang dikirimkan melalui media komunikasi
data.
Komponen
Komunikasi Data
ƒ Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan
data
ƒ Penerima, adalah piranti yang menerima data
ƒ Data, adalah informasi yang
akan dipindahkan
ƒ Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
ƒ Protokol, adalah
aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
2.2. Protokol
Protokol dapat diartikan
sebagai sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data,
informasi dan fungsi lain yang harus
dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima
agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang ada dalam jaringan
tersebut berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua sistem hingga pada
masalah koneksi listrik.
Komponen Protokol
1. Aturan atau prosedur, mengatur
pembentukan/pemutusan hubungan
2. Format atau bentuk, mengatur
proses transfer data representasi pesan
3. Kosakata (vocabulary),
jenis pesan dan makna masing-masing pesan
Fungsi Protokol
Fungsi umum dari protokol untuk menghubungkan sisi pengirim
dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar. Fungsi
secara detail:
• Fragmentasi
dan reassembly
Fungsi dari fragmentasi dan
reassembly adalah membagi informasi yang
dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim
mengirimkan informasi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket informasi
yang lengkap.
• Encapsulation
Fungsi dari encapsulation adalah melengkapi informasi yang dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi dan
lain-lain.
• Connection
control
Fungsi dari connection
control adalah membangun hubungan (connection) komunikasi dari sisi pengirim
dan sisi penerima, dimana dalam membangun hubungan ini juga termasuk dalam hal
pengiriman data dan mengakhiri
hubungan.
• Flow control
Berfungsi sebagai
pengatur perjalanan datadari sisi
pengirim ke sisi penerima.
• Error control
Dalam pengiriman data tak lepas dari
kesalahan, baik itu dalam proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol
terjadinya kesalahan yang terjadi
pada waktu data dikirimkan.
• Transmission
service
Fungsi dari transmission service adalah memberi pelayanan
komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan
prioritas dan keamanan serta
perlindungan data.
Susunan Protokol
Protokol jaringan disusun oleh dalam bentuk lapisan-lapisan (layer). Hal ini supaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalam layer ini, jumlah, nama,
isi dan fungsi setiap layer berbeda-beda. Tujuan setiap layer
memberi layanan
ke layer yang ada di atasnya.
Susunan layer menunjukkan
tahapan
dalam melakukan komunikasi.
Antara setiap layer yang berdekatan
terdapat sebuah interface. Interface
menentukan layanan layer yang di
bawah kepada layer yang di atasnya.
Pada saat merencanakan sebuah
jaringan, hendaknya memperhatikan
bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkan
di antara dua layer yang bersangkutan.
Standarisasi Protokol (ISO 7498)
Dahulu, komunikasi antar komputer
dari vendor yang berbeda adalah sangat sulit
dilakukan, karena mereka mengunakan
protokol dan format data yang berbeda- beda. Sehingga International Standards
Organization (ISO) membuat suatu arsitektur
komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI), model yang mendefinisikan
standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-
vendor yang berbeda.
Model Layer OSI dibagi dalam dua group: “upper layer” dan “lower layer”.
“Upper layer” fokus pada applikasi
pengguna dan bagaimana file direpresentasikan di komputer. “Lower layer” adalah intisari komunikasi data melalui jaringan
aktual.
Gambar 1: Pembagian Model
Layer OSI
Penjelasan Model OSI Layer:
Model OSI
|
Keterangan
|
|
Application
Layer: Menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna. Layer ini
bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program
komputer, seperti program e- mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server
printer atau aplikasi komputer lainnya.
|
|
Presentation Layer: Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk
transfer data. Contoh konversi format
text ASCII untuk dokumen, .gif dan
JPG untuk gambar. Layer ini membentuk kode konversi, translasi data,
enkripsi dan konversi.
|
|
Session Layer: Menentukan bagaimana dua terminal menjaga,
memelihara dan mengatur koneksi,- bagaimana mereka
saling berhubungan satu sama lain.
Koneksi di layer ini disebut “session”.
|
|
Transport
Layer: Bertanggung jawab
membagi data
menjadi segmen, menjaga koneksi
logika “end-to-end” antar terminal,
dan menyediakan penanganan error
(error handling). Transport layer berfungsi untuk menerima data
dari session layer, memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, meneruskan data ke network layer dan menjamin semua potongan data tersebut bisa tiba di sisi penerima dengan benar.
|
|
Network Layer:
Bertanggung jawab menentukan alamat jaringan, menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menjaga antrian trafik di jaringan. Data pada layer ini berbentuk
paket.
• Fungsi utama dari
layer network adalah pengalamatan dan routing.
Pengalamatan pada layer network merupakan
pengalamatan secara logical
• Routing
digunakan untuk pengarah jalur paket data yang akan dikirim.
•
Transport dari
suatu informasi
|
|
Data Link Layer: Menyediakan
link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang
berhubungan dengan “hardware” kemudian
diangkut melalui media.
komunikasinya dengan kartu jaringan,
mengatur komunikasi layer physical antara sistem koneksi dan penanganan error. Tugas utama data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi
raw data dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas
dari kesalahan transmisi.
Fungsi yang diberikan pada layer data link antara lain
- Arbitration, pemilihn media fisik untuk
penentuan waktu pengiriman
data, metode yang dipakai CSMA/CD(Carrier Sense Multiple Access
/Collision Detection).
- Addressing, pengalamatan bersifat fisik yaitu dgn MAC(media Access Control) yang ditanamkan pada interface perangkat jaringan.
• Error detection, menentukan apakah data telah
berhasil terkirim, tekniknya FCS(
Frame Check Sequence) dan CRC(Cyclic Redundancy Check)
• Identify
Data Encapsulation.
|
Physical Layer: Bertanggung jawab atas proses data
menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, dan menjaga koneksi fisik antar sistem.Layer ini mengatur tentang bentuk interface yang berbeda-beda dari sebuah media transmisi. Spesifikasi yang berbeda misal konektor, pin, penggunaan pin, arus listrik yang lewat, encoding, sumber cahaya dll. Secara umum masalah- masalah desain yang ditemukan di sini berhubungan secara mekanik, elektrik dan interface prosedural, dan media fisik yang berada di bawah physical layer. Contoh : EIA/TIA-232, V35, EIA/TIA- 449, V.24, RJ45, Ethernet, NRZI, NRZ, B8ZS |
Hubungan antara model referensi OSI dengan
protokol internet dapat
dilihat dalam tabel di bawah
ini.
Model OSI
|
TCP/IP
|
Protokol TCP/IP
|
||
No
|
Lapisan
|
Nama Protokol
|
Kegunaan
|
|
7
|
Aplikasi
|
Aplikasi
|
DHCP (Dynamic Host
Configuration Protocol)
|
Protokol untuk distribusi IP
pada jaringan untuk
jumlah
IP terbatas
|
DNS (Domain Name Server) |
Database nama domain mesin dan nomer IP |
|||
FTP (File Transfer Protocol) |
Protokol untuk transfer file |
|||
HTTP (HyperText Transfer
Protocol)
|
Protokol untuk transfer file
HTML dan
web
|
|||
MIME ( (Multiporpose Internet
Mail Extention)
|
Protokol untuk mengirim file
binary dalam bentuk
teks
|
|||
NNTP (Network News Transfer
Protocol)
|
Protokol untuk menerima dan mengirim newsgroup |
|||
POP (Post Office Protocol) |
Protokol untuk mengambil
mail dari server
|
|||
SMB (Server Message Block) |
Protokol untuk transfer
berbagai
server file DOS dan
Windows
|
|||
6
|
Presentasi
|
SMTP (Simple Mail Transfer
Protocol)
|
Protokol untuk pertukaran mail |
|
SNMP (Simple Network
Management Protocol)
|
Protokol untuk manajemen
jaringan
|
|||
Telnet |
Protokol untuk akses dari
jarak jauh
|
|||
TFTP (Trivial FTP) |
untuk transfer file |
|||
5
|
Sessi
|
NETBIOS (Network Basic Input
Output System)
|
BIOS jaringan standar |
|
RPC (Remote Procedure Call) |
Prosedur pemanggilan jarak
jauh
|
|||
Socket |
Input Output untuk network jenis BSD-UNIX |
4
|
Transport
|
Transport
|
TCP (Transmission Control
Protocol)
|
Protokol pertukaran data berorientasi (connection
oriented)
|
|
UDP (User Datagram Protocol) |
Protokol pertukaran data non-orientasi
(connectionless)
|
||||
3
|
Network
|
Internet
|
IP (Internet Protocol) |
Protokol untuk menetapkan routing |
|
RIP (Routing Information
Protocol)
|
Protokol untuk memilih
routing
|
||||
ARP (Address Resolution
Protocol)
|
Protokol untuk mendapatkan informasi hardware dari
nomer IP
|
||||
RARP (Reverse ARP) |
Protokol untuk mendapatkan
informasi nomer
IP dari hardware
|
||||
2
|
Datalink
|
LLC (Logical Link Control)
|
Network
Interface
|
PPP (Point to Point Protocol) |
Protokol untuk poin ke poin |
SLIP (Serial Line Internet
Protocol)
|
Protokol dengan
menggunakan sambungan serial
|
||||
MAC (Media
Access Control)
|
Ethernet, FDDI,
ISDN, ATM
|
||||
1
|
Fisik
|
2.3. Remote Procedure
Call (RPC)
Remote Procedure Call (RPC) adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk
mengakses sebuah prosedur yang berada
di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini sebuah
server harus menyediakan layanan remote procedure.
Pendekatan yang dilakuan
adalah sebuah server membuka socket, lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan
oleh server. Bila client
tidak tahu harus
menghubungi port yang mana, client
bisa me-request kepada sebuah matchmaker pada sebuah RPC port yang tetap. Matchmaker akan memberikan
port apa yang
digunakan oleh prosedur yang diminta client.
RPC
masih menggunakan
cara
primitif dalam
pemrograman, yaitu
menggunakan paradigma procedural
programming. Hal itu membuat kita sulit ketika
menyediakan banyak remote
procedure. RPC menggunakan
socket untuk
berkomunikasi dengan proses lainnya. Pada sistem
seperti SUN, RPC secara default sudah ter-install kedalam sistemnya, biasanya RPC ini digunakan untuk administrasi sistem. Sehingga seorang administrator jaringan dapat mengakses sistemnya
dan mengelola
sistemnya dari mana saja, selama sistemnya terhubung ke jaringan.
Kelebihan
RPC
ƒ Relatif mudah digunakan :
Pemanggilan remote procedure tidak jauh berbeda dibandingkan pemanggilan local procedure. Sehingga pemrogram dapat berkonsentrasi pada software logic, tidak perlu memikirkan low level details seperti socket, marshalling & unmarshalling.
ƒ Robust (Sempurna) Sejak th 1980-an
RPC telah banyak
digunakan dlm pengembangan mission- critical application yg memerlukan
scalability, fault tolerance, & reliability.
Kekurangan RPC
ƒ Tidak fleksibel terhadap perubahan:
- Static relationship between client
& server at run-time.
ƒ Berdasarkan
prosedural/structured programming yang sudah ketinggalan jaman
dibandingkan OOP.
Prinsip RPC dalam program Client-Server
Skema RPC ini dilakukan juga pada
proses-proses
yang
running
di
komputer berlainan
ƒ Sebelum mekanisme RPC digunakan, data harus di- packaging ke dalam format transimisi. Langkah ini dinamakan marshalling
ƒ Proxy bertanggung jawab untuk marshalling data, kemudian mengirimkan data dan meminta instans dari komponen (remote)
ƒ Stub menerima request, unmarshall
data, dan memanggil
method yang diminta. Kemudian proses mengembalikan nilai yang diinginkan
Langkah-langkah dalam RPC
1. Prosedur client memanggil client stub
2. Client stub membuat
pesan dan memanggil OS client
3. OS client mengirim
pesan ke OS server
4. OS server memberikan pesan ke server stub
5. Server stub meng-unpack parameter-parameter untuk memanggil server
6. Server mengerjakan operasi, dan mengembalikan
hasilnya ke server stub
7.
Server stub mem-pack
hasil tsb dan memanggil OS server
8. OS server mengirim pesan
(hasil) ke OS client
9. OS client memberikan
pesan tersebut ke client stub
10.
Client stub meng-unpack
hasil
dan
mengembalikan
hasil
tersebut
ke
client
2.4. Object Remote
Meskipun teknologi RPC ini
relatif sudah memberikan kenyamanan bagi developer, tapi perkembangan
yang terjadi di bidang pemrograman berorientasi objek akhirnya menuntut kehadiran
teknologi baru. Sederet teknologi akhirnya benar-benar muncul, antara lain; RMI (Remote Method Invocation), CORBA (Common Object
Request Broker Architecture),
dan SOAP (Simple Object Access
Protocol).
Remote Method Invocation
(RMI) adalah sebuah teknik pemanggilan method
remote yang lebih secara umum lebih
baik daripada RPC. RMI menggunakan paradigma pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming). RMI memungkinkan kita untuk mengirim
obyek sebagai parameter dari remote method.
Dengan dibolehkannya program Java memanggil method pada remote obyek, RMI
membuat
pengguna dapat mengembangkan aplikasi Java yang terdistribusi pada jaringan.
Aplikasi RMI seringkali terdiri
dari dua program terpisah
yaitu server dan client.
Aplikasi server semacam ini biasanya membuat beberapa objek remote, menyediakanreferensi terhadap objek-objek tersebut sehingga dapat diakses,
serta menunggu client menginvoke/memanggil method
dari objek-objek remote tersebut. Aplikasi client mendapatkan referensi remote ke satu atau lebih objek remote di server dan menjalankan method dari
objek tersebut.
RMI menyediakan mekanisme dimana server dan client berkomunikasi dan memberikan informasi secara timbal balik. Aplikasi semacam ini
seringkali disebut
aplikasi objek terdistribusi.
Aplikasi objek terdistribusi seringkali melakukan hal berikut:
• Melokasikan objek remote: Aplikasi dapat
menggunakan satu dari
dua
mekanisme untuk mendapatkan referensi ke objek remote.
Aplikasi dapat mendaftarkan
objek remote dengan fasilitas
penamaan RMI (naming
facility) yaitu rmiregistry
atau aplikasi dapat mem-pass
dan mengembalikan referensi objek remote sebagai bagian dari operasi normal.
• Berkomunikasi dengan
objek remote: Detail dari
komunikasi antara objek remote ditangani oleh
RMI, bagi programmer komunikasi remote tampak seperti invokasi method
Java standar.
• Memanggil (load) bytecode untuk
objek
yang
di-pass: Karena
RMI mengizinkan pemanggil (caller) untuk mem-pass
objek ke objek remote, RMI menyediakan mekanisme yang diperlukan objek me-load kode objek, sebagaimana juga mentransmisikan
datanya.
Ilustrasi
berikut menggambarkan aplikasi RMI terdistribusi
yang menggunakan registry untuk mendapatkan referensi ke objek
remote. Server memanggil registry
untuk mengasosiasikan (mengikat) suatu nama dengan objek remote. Client mencari
objek remote dengan namanya pada
registry server dan meng-invoke method dari objek. Ilustrasi ini juga menunjukkan sistem
RMI menggunakan Web server untuk
memanggil class
bytecodes, dari server
ke client dan dari client ke server, untuk objek-objek yang diperlukan.
Langkah-Langkah Pembuatan Program dengan RMI
Dalam RMI, semua informasi tentang satu pelayanan server disediakan dalam suatu definisi remote interface. Dengan melihat pada definisi interface, seorang pemrogram dapat memberitahukan
method apa yang dapat dikerjakan oleh server, meliputi data apa yang diterima
dan data apa yang akan dikirim sebagai tanggapan.
Definisi yang ada pada remote interface menentukan
karakteristik methods yangdisediakan server
yang dapat dilihat oleh client. Client programmer harus
dapatmengetahui methods apa yang disediakan server dan bagaimana memanggilnya
langsung dengan melihat ke remote interface. Client
mendapatkan referensi
ke remote object melalui
RMI registry.
Membangun suatu
aplikasi
terdistribusi
menggunakan RMI meliputi 6 langkah. Keenam langkah tersebut adalah:
1. Mendefinisikan remote interface
2. Implementasi
remote interface dan
server
3. Pengembangan client (atau applet)
yang menggunakan remote interface
4. Mengkompilasi source files dan mem-buat
stub and skeletons
5. Memulai
(start) RMI registry
6. Menjalankan server dan client
0 komentar:
Posting Komentar